Skip to main content

Setiap menjelang Romadhon Jatuh Tanggal Berapa? Pemerintah RI dan komunitas NU, Muhammadiyah, Persis, LDII sampai 2024 ini


Assallam mu'allaikum... Mugi-mugi urang sadaya aya dina lindungan ALLAH SWT dina tetep di pasihan fit sareng sehat tur kalancaran sareng kamudahan. amin...+ aman... 

Dalam hitungan hari, umat muslim di indonesia akan menjalankan saum di bulan romadhon di tahun 2024. Masih ada perbedaan dan sejumlah perbedaan terkait penetapan awal Ramadhan 1445 H, dari dulu sampai sekarang sebagai saksi perjalanan kehidupan di negara indonesia menjadi masalah perbedaan antara sudah ada kalender tapi tetap belum bisa di pastikan akurat dari dulu sampai sekarang di era modern digital 2024, apakah akan sama dengan ketentuan yang sudah ada dengan hitungan kalender masehi? atau lebih cepat atau tepat dengan hitungan kalender masehi!

"jika muhammadiyah beda 1 hari itu tanda sudah mulai shalat taraweh dan saum nya tanggal 12" dan "jika NU menetapkan tanggal 12 mulai berpuasa" sama hal nya dengan muhammadiyah di tanggal 11 muslim indonesia sholat tarrowiyh dan tanggal 12 maret menjalankan saum romadhon 2024 (1445)

kita berdoa kepada allah swt untuk memberikan yang tepat dan terbaik kepada ahli penentuan di bidang nya ataupun pemerintahan indonesia serta komunitas islam yang ada bisa saling silih karena lilahhita'alla bukan bersaing tidak sehat. amin... + aman... 

"amalan hamba allah yang berilmu dalam beramal dengan adanya iman dan taqwa dalam menjalani tauhid muslim sunnah"

mengingat masa skul dan masa paslat (pasantren kilat), sanlat (santri kilat) 1 bulan penuh mempelajari tauhid islam di di bulan rhamadan atau bulan puasa dan saum kalo suku sunda. apa yang harus di ketahui dan di pelajari dalam tauhid sunda muslim sunnah tentang bulan rhamadan, yang pertama ada nya rasa ingin tahu tanda melihat bulan, tanda melihat matahari, tanda angin dan alam menjelang bulan suci saum romadhon. di mulai tinggkat sekolah dasar saya mengingat penjelasan dan materi tentang bulan rhamadan sebagai umat muslim sunnah, selain menghapal doa-doa di bulan rhamadan mempelajari apa tanda mulai menjalankan ibadah puasa atau saum dengan sebua kata "HILAL" adapun penjelasan jika hilal adalah bulan sabit muda yang bisa dilihat pertama kali, tepat setelah fase bulan baru (ijtimak). Bagaimana bentuk Hilal? Bentuk Hilal yaitu seperti bulan sabit yang sangat tipis karena usianya masih sangat muda, yaitu sekitar 12 jam setelah fase bulan baru. Ada juga penjelasan astronomi muslim "peristiwa saat matahari dan bulan berada segaris di bidang ekliptika yang sama"

Dari penjelasan di atas atas materi guru, saya sendiri mempertanyakan jika fase bulan betuk bulan sabit itu ada di setiap bulan serta beda beda bentuk nya. ada bulan sabut dari fase kanan dan fase kiri, apa kah hilal sama bentuk nya dan posisi fase nya!!! penjelasan guru pun tidak bisa membedakan seperti apanya, hanya membedakan ketipisan bentuk bulan sabit yang tidak full denga alat karena kasat mata. Adanya penjelasan materi masa sekolah dasar sampai mempelajari karena rasa ingin tau setiap malam melihat dan seakan mempelajari bulan yang bukan sekedar melihat tapi mengingat posisi bulan di mana ada 12 bulan dalam kalender masehi serta menyamakan denga kalender hijriah, yang mana jika kesulitan karena kondisi alam dan faktor cuaca saat tertutup nya pandangan melihat hilal cerita orang tua masa menaiki gunung tertinggi untuk mencari hilal benar-benar bisa di bayangkan oleh pola pikir kita sebagai bentuk mempelajari tauhid muslim di kehidupan ini.

meskipun ada keterangan Dalam kitab Ibnu Manzur "hilal adalah permulaan bulan yang terlihat oleh manusia di awal bulan tersebut" tetapi di masa para sahabat nabi posisi di arab dan setiap posisi negara sekarang berbeda-beda sehingga membutuhkan sebuah media seperti alat bantu, bahkan orang tua sunda masa lalu di kota bandung ada yang melihat dari musim buah-buhan menjadi sebuah tanda seperti tumbuhnya 1 bulan buah rambutan menjelan rhamadan dan tumbuh nya bonteng suri hingga 1 bulan selama bulan rhamadan sampai melihat tumbuhnya buah sarikaya di akhirnya lebaran atau idul fitri. serta tumbuhan biji-bijian seperti pohon kawung yang menjadikan cangkaleng dan waluh oren kalo sunda kabupaten bandung di perkampungan.

bahakan adanya batuan dari golongan jin muslim juga di dunia ini melalui batin dan mimpi, serta raga diri sendiri juga bisa merasakan tanda menjelang bulan rhamadan bahkan sampai melalui mimpi dan bisikan yang di kenal khodam kalo mistis, bagi saya sendiri menanggapi adanya sodara muslim dari golongan jin muslim yang suka mengikuti dan belajar bersama. karena allah swt menciptakan roh sebelum raga adanya golongan jin adalah roh kehidupan yang tidak memiliki wujud atau raga seperti halnya manusia yang memiliki roh dan raga. tetapi di balik wasilah mimpi atau bisikan itu tidak di jadikan sandaran langsung untuk saya tetap menyebut asma allah swt dan berdoa kepada allah swt jika ada hal yang mistis bagi saya dari kecil sampai sekarang yang terus belajar menjadi hamba.

yang menjalani kehidupan ini supaya bisa beriman dan bertaqwa dengan mepelajari tauhid adab tawaqal dan istiqomah niat karena allah swt semata.


dan ada pula pernah saya dengar penjelasan Hilal pada umumnya berada tegak dan terlihat sebagai bulan sabit yang tipis "di mulai sabit di posisi bawah tegak. rasa penasaran itu pun saya coba lihat di setiap bulan rhamadan memandangi bulan saat bisa terlihat jelas bulan mulai membentuk bulan sabit di mulai dari bawah sampai mengisi ke atas di setiap hari nya hingga menjelang Malam lailatul qadar langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak, dan Bulan Berukuran Separuh Nampan.

setidaknya kita sebagai umat muslim yang mengetahui jika sudah di sesatkan iblis di setiap keturunan nabi adam oleh strategi halus menyesatkan islam muslim menjadi musrik sampai banyaknya sodara keturunan para nabi dari dahulu sampai sekarang adanya orang orang kafir atau agama di luar islam dan penyembahan bukan kepada allah swt. itu sudah sebagai tanda jika iblis denangan sifat sikap setan nya sudah membuat bumi ini seperti sekarang di luar tauhid dan adab sebagai muslim sunnah pun sudah seperti masa jahiliyah yang beralasan adat dan budaya nene moyang ataupun leluhur. karena kehidupan ini terbentuk dan bisa berubah oleh faktor ilmiah keturunan setiap manusi, pola hidup dan pola pembelajaran dalam setiap pembentukan lahirnya generasi baru jika jauh dari jalan contoh sunnah nabi muhammad saw.

Pengalaman saya sendiri di masa belajar sampai mempelajari hadis dan buku komunitas islam sampai sekarang jika komunitas islam di indonesia seperti Muhammadiyah, NU, Persis dan LDII adalah sarana perubahan umat muslim yang membedakan setiap pelajaran nya dan kita bisa ambil serta mempelajari yang sesuai dengan contoh sunnah nabi muhammad saw, tidak harus terpatok atau sampai membeda - bedakan sesama muslim sunnah dan jika salah di perbaiki dan yang benarnya di pertahankan serta di amalkan untuk diri sendiri dan bermanfaat kepada generasi penerus dalam pola pendidikan. semoga tetap saling silih asih, asuh dan asah sesama umat nabi muhammad saw niat karena lilah hita'alla dunia dan kherat karena allah swt sebagai islam muslim bukan islam musrik. amin...+aman...

"Allah memerintahkan umat Islam berpuasa karena Allah ingin mendekatkan hambaNya kepada surga, bahkan pintu surga arrayaan bagi orang-orang yang berpuasa telah disiapkan Allah SWT. Mendapat ampunan segala dosa"

Dari firman allah swt di atas bagi saya sebuah pelajaran tauhid, dimana kita mencari ilmu lalu di amalkan, mempelajari kehidupan sendiri lalu berbagi untuk kebaikan serta bermanfaat bagi sesama muslim dan orang lain, sebuah pandangan dan pemikiran jika perintah dari firman di atas menunjukan betapa sayang nya allah swt kepada kita sebagai mahluk ciptaan nya yang bisa terus belajar menjadi hambanya yang beriman dan bertaqwa.

perjalanan saya sendiri di usia remaja mulai mempertanyakan, dan bertanya dalam hati saat mendengar ceramah adanya firman allah swt "untuk yang beriman dam bertaqwa" di situ terpikirkan pertanyaan, bagaimana cara belajar untuk menjadi orang yang beriman dan bertaqwa?

yang saya pelajari di mulai pengajian tingkat anak kecil, remaja dan sampai dewasa ternyata setiap komunitas islam yang ada di indonesia ini seperti ajaran MUHAMMADIYAH, NU, PERSIS dan LDII menjadikan tempat yang memberikan pola pikir dan pandangan saya saat bisa belajar di semua komunitas ajaran islam di masa anak kecil sampai remaja hingga dewasa menemukan kebiasaan dan terbiasa untuk tetap menyesuaikan sunnah contoh nabi muhammad saw. karena kita adalah umat nabi rosul terakhir baginda nabi rosul muhammad saw.

semoga sodara muslim kususnya di indonesia ini bisa belajar sebulan penuh tentan islam yang hanya 1 bulan dari 12 bulan kalender masehi bisa di manfaatkan 1 bulan penuh untuk itiqaf dan berpuasa di masjid tanpa memikirkan dunia bagi yang mampu atau modal bertahan untuk hidup selama 1 bulan dengan memikiki simpanan uang di masa belajar libur 1 bulan menjadikan 1 bulan untuk akhirat dan 11 bulan kedepan untuk dunia lebih baik lagi niat karena allah swt. masa remaja di masa sekolah lah yang lebih bagus saat mampu nya orang tua bisa memasantren kilat di setiap bulan rhamadan. ataupun itiqaf di masjid lingkugan rumah bersama warga sekitar memakmurkan masjid belajar bersama memperdalam tauhid adab sunnah muslim sunnah sesuai contoh nabi muhammad saw. amin... 

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana cara bayar pajak motor online

Hallo sobat yang bertanya Bagaimana cara bayar pajak motor online? Di masa era digital 2023 ini jika sudah memakai smartphone android atau IOS sudah sangat begitu mudah untuk di manfaatkan untuk akses pembayaran secara online Tanpa harus jauh jauh dan Gak Perlu Antre - Pajak E-Samsat. Sekarang Bisa Bayar PKB Melalui Samsat Online Dengan Mudah & Praktis. Seperti Tokopedia! Bisa Diakses 24 Jam, Transaksi Apa Aja di market place online solusi tanpa harus jauh jauh berangkat dan tanpa antri pula Sebagai contoh Cek Pajak Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Nanti sobat tinggal Masukkan Nomot Plat Kendaraan yang di cek datanya Dengan Cek Pajak Kendaraan Online Untuk pajak mobil & pajak motor secara online disini, gratis. Setidaknya sobat juga tau kisaran berapa pembayaran nya. Sebelum membayar kita juga tentunya harus memiliki akses pembayaran melalui uang digital seperti e-wallet ovo, linkaja, dana, gopay atau banking mobile untuk langkah proses akses pembayaran nya. Jika belum memi

Peluang Freelance Sales dan Agen Digital Sobat Indihome

Setelah Pandemi Covid-19 masih sulit membuat pekerjaan. Dan saat ini percepatan adaptasi digital sudah berjalan. Kini, aktivitas bekerja maupun belajar banyak dilakukan di rumah melalui online. Produktivitas masyarakat pun meningkat seiring maraknya pemanfaatan digital dengan jaringan internet untuk aktivitas ekonomi. Misalnya, dengan berbisnis secara online. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku pemimpin pasar di industri telekomunikasi pun membuka peluang optimalisasi produktivitas masyarakat di era pandemi melalui program Sobat IndiHome. “Masyarakat yang ingin mendapat tambahan penghasilan ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan, bisa bergabung sebagai Sobat IndiHome sebagai sales digital dan agen indihome program sales digital sobat indihome yang diinisiasi sejak 2020 ini telah menarik lebih dari 31 ribu orang untuk bergabung sebagai sales freelance dan agen Sobat IndiHome. Sepanjang 2020, ribuan Sobat IndiHome berhasil meraih tambahan penghasilan ratusan ribu

Rekomendasi Frozen food Tokopedia bandung

mungkin sudah tidak asing lagi dengan adanya menu frozen food . Makanan beku ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang sibuk dan membutuhkan waktu untuk memasak. Tujuan orang membeli frozen food untuk dijadikan stok cadangan makanan di rumah yang bisa di manfaatkan semua orang. Banyak nya brand produk frozen food? Untuk memilih frozen food yang baik dengan perbedaan kualitas dan kuantitas seperti rekomendasi merek frozen food dengan harga menengah ke atas dengan citra rasa terenak dan terlaris, di antaranya brand produk FIESTA Nugget, CEDEA SEAFOOD atau Kanzler Sosis DLL, sesuai selera setiap orang yang berbeda beda tentunya.  Untuk Belanja Online di Toko Frozen Food yang berlokasi daerah bandung, Melalui produk frozen food Tokopedia , untuk rekomendasi yang bisa di pesan dengan mudah secara online. saat ini sudah ada banyak tempat belanja online yang menyediakan produk frozen food. Melalui aplikasi Tokopedia, langsung dari distributor frozen food yang tetap terjaga selama perj