Aktivitas mengambil uang tarik tunai pada mesin ATM menjadi rutinitas yang sering lebih padat di lakukan dalam keseharian menjelang hari raya idul fitri terkait peningkatan kebutuhan uang fisik yang di siapkan tentu nya.
sebagian orang pasti mengalami ada nya gagal transaksi saat melakukan tarik tunai di mesin ATM, tetapi saldo di rekening saat di cek sudah terpotong, berkurang pastinya? Hal ini tentunya membingungkan, khususnya saat nominal uang yang ditarik tidak sedikit.
Jika hal tersebut terjadi, tarik nafas dan lihat sekitar atur untuk lebih tenang dan jangan panik. Karena uang Anda bisa kembali, jika benar-benar ada kendala teknis pada mesin, karena butuh waktu dalam sebuah proses kinerja mesin.
Tips pertama : jika keadaan di atm ramai kita bisa sambil menerangkan kepada antrian di belakang kita "maaf minta waktu untuk menunggu dan saya cek ulang dulu. karena mesin atm sepertinya gangguan proses uang saya tidak keluar.
*mesin atm bisa saja terhenti karena saat proses jaringan tidak stabil
*macet di bagian mesin box atm uang ada yang tersangkut
*sistem mesin eror saat nomimal uang di box mesin sudah habis atau kurang dengan nominal penarikan.
*kadang membutuhkan waktu sampai 2 menit atau lebih 5 menit. untuk bisa di ulang kembali jika saat di cek saldo tidak berkurang dan bisa di coba mengurangi saldo yang pertama gagal
Dan jika sudah terpotong dari saldo anda bisa poto id mesin atm. layar atm saldo nya. dan ingat alamat lokasi atm juga tentu nya.
penyebab saldo terpotong otomatis dan seharusnya sistem mengembalikan otomatis saldo ke rek dalam hitungan menit. tetapi kendala telatnya sistem otomatis penarikan dan pengembalian saldo di sistem mesin bisa karena server padat dan ada gangguan jaringan server setiap bank dan rek.
kemungkinan akan telat masuk kembali ke rekeneing tabungan. butuh waktu 5menit s/d 30menit bahkan 24jam.
langkah penting yang harus dilakukan, jika sudah lebih dari 1jam bahkan sebelum 24jam ada baiknya untuk langsung Hub Call Center bank
Dan siapkan
1. Foto Nomor Mesin ATM yang Digunakan
2. Catat Waktu, Tanggal dan Lokasi Transaksi atm jelasnya
3. sebelum Lapor ke Cabang Bank atau Hubungi Call Center Asli resmi bukan no hp provider digit nya
Hati hati jika ada call center no hp
itu palsu dan sebuah modus di atm
Setelah Anda melakukan ketiga hal tersebut, pihak bank akan melakukan investigasi untuk secepatnya diproses pengembalian saldo dana rekening nya.
Perlu diingat, dalam proses pelaporan ke cabang terdekat atau lewat call center bank, Anda akan diminta data lengkap pribadi untuk memastikan Anda benar-benar pemilik rekening tentunya
Adapun waktu proses pengembalian dana nasabah, tergantung kepada kebijakan dari masing-masing bank. setelah mengkonfirmasi kepada pihak bank untuk kejelasan dan kelanjutan dari proses permasalahan yang dialami. Setelah itu tinggal menunggu saldo rekening dikembalikan seperti semula sebelum terpotong.
Masalah uang tidak keluar tapi saldo berkurang, penyebabnya bervariasi tetapi kebanyakan dikarenakan gangguan kendala pada sistem mesin atm dan server bank yang terjadinya padat trx down pada aktivitas sistem atm dan server bank.
Jika mengalami menggunakan atm bank tertentu, prosedur laporan yang digunakan tetap sama. asal penjelasan kita juga lengkap atas masalah kejadian nya
Comments
Post a Comment