Skip to main content

Paciwit-ciwit lutung ulinan sunda kota bandung nu tos lengit

Kaulinan tradisional terakhir barudak 90 han. Barudak 2000an tos mulai tara ningali ulinan tradisional di kota bandung

Cara ulin Silih Nyiwit lengen nu berurutan kiri jeng kanan te barengan, naek kaluhur sabari nyanyi (ku 3an/4an atanapi sampai 6 jalmi)

Beda beda kadang setiap daerah suku kata nu di gunaken nana. Di handap ie nu masih ku abdi inget kosakata na aya 3 nu sok di gunaken sabari di nyanyike ku sunda kota bandung masa abdi alit.

"Paciwit-ciwit lutung, Si Lutung pindah ka tungtung, Paciwit-ciwit lutung, Si Lutung pindah ka tungtung"

"Paciwit-ciwit lutung, Si Lutung pindah ka luhur, Paciwit-ciwit lutung, Si Lutung pindah ka luhur"

"Paciwit-ciwit lutung, nu handap pindah ka luhur, Paciwit-ciwit lutung, nu handap pindah ka luhur"

Te lepat mah kaulinam sabari balajar "Tasawuf Akhlãki" nu maksudna nu saling ngajagi duduluran, ngajagi kahirupan babarengan, meh bisa saling silih ngarasaken perih babarengan sampai ngarasaken sarua pernah di handap, jeng sarua pernah di luhur "adil dina bisa saling ngaraosken" cek aki nini sunda bandung bahela simkuring mun tataros naon arti kaulinan nu bermamfaat. Atanapi nu aya manfaatna ku ulin sabari Belajar. (Silih asuh, silih asih jeng silih asah) "silsilah tauhid sunda nu lengit" cek kolot bahela mah. Komo ayena kur saukur bisa ocon weh katurunan sunda teh he... Karaos kadang ku simkuring oge ku perobohan jaman ayena nu asa lewih jauh. Ku tos jadina sunda kudu jadi indonesia weh te bisa di pisahken ku kaayan suku sunda nu saukur bisa ngadoaken sareng nuturken ka suku jawa nu ngatur pamarentahan nagara indonesia. Di bandung tos lengit obrolan bahasa sunda ku sadayana pendatang make bahasa indonesia.

Ai bahela mah datang ka bandung kudu bisa bahasa sunda mun dek ngajalani kahirupan di bandung. Kudu make bahasa sunda, jadi ngahijina sunda bahela bisa babarengan jeng pendatang oge nuturken suku sunda. toleransi suku sunda nu te mandang agama sareng pendatang nu penting bisa babarengan ker ngajaga kahirupan suku sunda di bandung. 

Punten ie mah carita ku sabab abdi lahirna di kota bandung 'jadi sunda bandung' nu jadi pengalaman kahirupan di bandung tos te siga bandung bahela. Ku bahasa oge ngaruh kanu sosialisasi jalmi saleresna. Aya pengaruh ngarubah suku jeng budaya. Silsilah sunda nu tos lengit. "Tauhid sunda" tausiah hidayah suku sunda. 

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana cara bayar pajak motor online

Hallo sobat yang bertanya Bagaimana cara bayar pajak motor online? Di masa era digital 2023 ini jika sudah memakai smartphone android atau IOS sudah sangat begitu mudah untuk di manfaatkan untuk akses pembayaran secara online Tanpa harus jauh jauh dan Gak Perlu Antre - Pajak E-Samsat. Sekarang Bisa Bayar PKB Melalui Samsat Online Dengan Mudah & Praktis. Seperti Tokopedia! Bisa Diakses 24 Jam, Transaksi Apa Aja di market place online solusi tanpa harus jauh jauh berangkat dan tanpa antri pula Sebagai contoh Cek Pajak Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Nanti sobat tinggal Masukkan Nomot Plat Kendaraan yang di cek datanya Dengan Cek Pajak Kendaraan Online Untuk pajak mobil & pajak motor secara online disini, gratis. Setidaknya sobat juga tau kisaran berapa pembayaran nya. Sebelum membayar kita juga tentunya harus memiliki akses pembayaran melalui uang digital seperti e-wallet ovo, linkaja, dana, gopay atau banking mobile untuk langkah proses akses pembayaran nya. Jika belum memi

Rekomendasi Frozen food Tokopedia bandung

mungkin sudah tidak asing lagi dengan adanya menu frozen food . Makanan beku ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi yang sibuk dan membutuhkan waktu untuk memasak. Tujuan orang membeli frozen food untuk dijadikan stok cadangan makanan di rumah yang bisa di manfaatkan semua orang. Banyak nya brand produk frozen food? Untuk memilih frozen food yang baik dengan perbedaan kualitas dan kuantitas seperti rekomendasi merek frozen food dengan harga menengah ke atas dengan citra rasa terenak dan terlaris, di antaranya brand produk FIESTA Nugget, CEDEA SEAFOOD atau Kanzler Sosis DLL, sesuai selera setiap orang yang berbeda beda tentunya.  Untuk Belanja Online di Toko Frozen Food yang berlokasi daerah bandung, Melalui produk frozen food Tokopedia , untuk rekomendasi yang bisa di pesan dengan mudah secara online. saat ini sudah ada banyak tempat belanja online yang menyediakan produk frozen food. Melalui aplikasi Tokopedia, langsung dari distributor frozen food yang tetap terjaga selama perj

Peluang Freelance Sales dan Agen Digital Sobat Indihome

Setelah Pandemi Covid-19 masih sulit membuat pekerjaan. Dan saat ini percepatan adaptasi digital sudah berjalan. Kini, aktivitas bekerja maupun belajar banyak dilakukan di rumah melalui online. Produktivitas masyarakat pun meningkat seiring maraknya pemanfaatan digital dengan jaringan internet untuk aktivitas ekonomi. Misalnya, dengan berbisnis secara online. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku pemimpin pasar di industri telekomunikasi pun membuka peluang optimalisasi produktivitas masyarakat di era pandemi melalui program Sobat IndiHome. “Masyarakat yang ingin mendapat tambahan penghasilan ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan, bisa bergabung sebagai Sobat IndiHome sebagai sales digital dan agen indihome program sales digital sobat indihome yang diinisiasi sejak 2020 ini telah menarik lebih dari 31 ribu orang untuk bergabung sebagai sales freelance dan agen Sobat IndiHome. Sepanjang 2020, ribuan Sobat IndiHome berhasil meraih tambahan penghasilan ratusan ribu